Mendorong Peningkatan Layanan Kesehatan Digital di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 memaksa industri kesehatan untuk mengadopsi teknologi kesehatan di masyarakat lebih cepat dan tanggap. Sebagai upaya  menghindari dan mengurangi penularan, berbagai aktivitas fisik menjadi terbatas dan digantikan dengan aktivitas di ruang siber baik untuk bekerja, bersekolah dan juga bersosialisasi.

Dalam era pandemi ini, organisasi kesehatan dipaksa untuk segera berbenah dan melakukan inovasi untuk terus mendukung proses bisnis yang ada. Inovasi proses bisnis juga dilakukan untuk memberikan layanan digital yang lebih baik kepada masyarakat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh McKinsey, pandemi Covid-19 telah mengakselerasi transformasi digital pada perusahaan dengan sangat cepat. Adopsi layanan digital mengalami akselerasi beberapa tahun ke depan hanya dalam beberapa bulan, yang didorong oleh perubahan mendasar yang terjadi pada konsumen.

Transformasi digital diperlihatkan dalam layanan Cloud Computing yang memiliki peran kunci dan menjadi katalisator dalam implementasinya. Saat ini, setiap perusahaan mengukur kinerja mereka melalui pengalaman pelanggan, model bisnis layanan Cloud Computing mendukung organisasi untuk melakukan adopsi yang lebih cepat dan menawarkan pengalaman baru kepada para pelanggannya. Adopsi ini menjadi strategi kunci untuk bisa terus bersaing di era pandemi seperti sekarang ini.

Masa pandemi ini dijadikan merupakan momentum yang tepat untuk mengakselerasi program Making Indonesia 4.0 yang telah dicetuskan oleh Presiden Jokowi pada 4 April 2018. Untuk itu, kegiatan dalam hal peningkatan penguasaan teknologi dan adopsi teknologi perlu terus dilakukan.

Cloud Computing Indonesia Conference 2021 diharapkan bisa menjadi sarana kolaboratif dalam peningkatan pengetahuan dan implementasi teknologi dalam implementasi industri 4.0 dalam sektor manufaktur, finansial, kesehatan, pemerintahan dan pendidikan.

Industri kesehatan diharapkan akan terus meningkatkan kemampuannya mengadospsi pelayanan kesehatan berbasis digital. Dengan begitu masyarakat juga dengan mudah mengakses layanan kesehatan terlebih di masa pandemi. Hal ini menjadi suatu proses peningkatan layanan kesehatan yang menguntungkan baik dari industri kesehatan, pemerintah, dan masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website