Digitalisasi dan Pelayanan Kesehatan Indonesia Masa Kini

Perkembangan teknologi di era digitalisasi ini menjadi faktor besar meningkatkan peran penting keberlangsungan sektor kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Terlebih di masa pandemi saat ini, industri kesehatan perlu mengembangkan wawasan agar dapat mengembangkan pelayanan kesehatan yang lebih baik di masa depan.

Transformasi digital di masa pandemi menciptakan konsep digital health dalam dunia kesehatan saat ini. Artificial Intelligent (AI) merupakan pembahasan yang cukup ramai di kalangan kesehatan. 

Di bidang kedokteran, penggunaan sistem yang berbasis digital mampu membantu industri kesehatan untuk mengidentifikasi kekurangan pelayanan kesehatan secara otomatis. 

Pengembangan digital health menjanjikan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Terlebih lagi dengan jangkauan teknologi yang semakin luas, memungkinkan masyarakat mudah mengakses layanan kesehatan digital. 

Menurut Dr. Eng. Lina Septiana, S.T, M.Sc. memaparkan pada presentasinya di webinar FKIK UKRIDA yang berkolaborasi dengan FTIK UKRIDA mengatakan transformasi digital health yang sudah dikenal di Indonesia dengan sebutan telemedicine. Layanan dilakukan seperti konsultasi daring dengan dokter hingga layanan distribusi obat. Transformasi digital pada pelayanan kesehatan terus berkembang dan sudah dapat digunakan untuk membuat rekam medis, membantu dokter menentukan diagnosis bahkan merencanakan pengobatan.

Selanjutnya, AI dibuat dengan meniru indra pada manusia. Data visual, suara, dan lainnya dikumpulkan sistem AI melalui sistem sendor yang mencakup kamera, rekam suara, dan lainnya. Setelah data tesebut dikumpulkan, maka data akan diolag menjadi lebih sistematis dan praktis sehingga dapat membantu pelayanan kesehatan dan memudahkan pasien. Dokter juga dengan mudah mencegah, mendeteksi dini, dan mengobati pasien secara lebih efektif. 

Pemanfaatan AI juga dapat digunakan tidak hanya disektor kesehatan, tapi bisa ditransformasikan ke sektor industri lainnya. Pemanfaatan dan penerapan lebih mengenai digital health dalam bida kesehatan mampu mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih tanggap, presisi, efektif, namun tetap mengutamakan kemudahan masyarakat.

Baca artikel terkait: Mengenal Konsep Smart Hospital di Era Digitalisasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website